Menilik 5 Pesan Moral Dibalik Cerita Viral “KKN di Desa Penari”

kkn desa penari
kkn desa penari
KKN di Desa Penari

 

DIARY.CO.ID – Selama beberapa pekan ini, warganet dihebohkan dengan cerita viral “KKN di Desa Penari”. Cerita yang ditulis oleh akun Twitter @SimpleM81378523 tersebut mengisahkan tentang pengalaman mistis yang dialami sekelompok mahasiswa KKN di sebuah pedalaman desa di Jawa Timur. Kejadian demi kejadian ditulis sedemikian menyeramkan hingga berhasil meraih perhatian warganet yang kemudian membagikannya secara massal di dunia maya, dalam kisah tersebut ada dua versi yakni versi nur dan versi widya, bahkan banyak isu mengabarkan akan dibuatkan versi film kkn desa penari, ada-ada saja memang kelakukan netizen indonesia. Berdasarkan penelusuran diary.co.id, ternyata banyak pesan moral kkn desa penari yang bisa Anda ambil lho dari cerita horror ini. Simak uraiannya berikut hanya untuk Anda.

5 Pesan Moral KKN Desa Penari, Simak Guys!

1. Menjunjung tinggi adat setempat

Ungkapan peribahasa “Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung,” barangkali benar adanya. Kemampuan untuk selalu menghormati adat dan budaya di daerah yang sedang ditempati menjadi kewajiban setiap manusia sebagai makhluk yang berbudaya.

Pesan moral ini yang coba ingin disampaikan dalam cerita “KKN di Desa Penari”. Dalam ceritanya, tokoh Ayu dan Bima berbuat tindakan asusila di tempat KKN dan membuat program kerja yang kurang berkenan di hati masyarakat desa yaitu menanam pohon di tengah jalan. Perbuatan yang tidak sesuai dengan norma-norma daerah setempat akhirnya menuai dampak buruk bagi keduanya bahkan keempat rekan kelompok lainnya.

2. Terbuka dengan warga sekitar

Baca Kumpulan Tips dan Artikel Menarik, Cek disini!
Baca Juga : Ini ulasan Pesan Moral Film Dua Garis Biru

Lazim bagi mahasiswa yang menjalani program KKN untuk banyak bertanya dengan warga sekitar mengenai potensi desa, hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di sana. Hal ini semata-mata untuk menunjang kelancaran program yang dijalankan tanpa perlu menimbulkan permasalahan-permasalahan tidak perlu di kemudian hari.

Baca Juga :  Ulasan Sejarah Singkat Uang dan Pengertiannya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*