Ini Lho 7 Dampak Positif Menabung Sejak Dini, Hidup Jadi Aman Terkendali

menabung sejak dini
Ilustrasi mengajari anak menabung sedini mungkin
menabung sejak dini
Manfaat menabung sejak dini

DIARY.CO.ID – Sejak kecil sering kita dengar pribahasa “hemat pangkal kaya”. Pribahasa tersebut pada akhirnya membuat kita termotivasi untuk menabung sejak dini. Namun, siapa sangka jika dibalik kegiatan yang satu ini ternyata menyimpan serangkaian dampak positif lainnya? Simak baik-baik pemaparannya berikut ini.

7 Manfaat Menabung Sejak Dini

1. Mandiri

Dampak positif pertama yang didapat seseorang ketika menabung sejak dini adalah mandiri. Berbeda dari kebanyakan anak yang mengandalkan rengekan pada orang tua, mereka yang menabung sejak kecil akan memiliki daya juang yang lebih tinggi dan akhirnya membentuk pribadi yang mandiri. Mereka mampu berusaha semampunya untuk memiliki simpanan uang atau membeli barang idamannya sendiri.

Baca Juga : 

Pantang bagi orang yang terbiasa untuk bergantung pada orang lain, tidak terkecuali pada orang tua ataupun keluarga. Mereka akan mendayagunakan seluruh kemampuan dan kapasitas dirinya untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Kelak, kemampuan berdiri kaki sendiri seperti ini akan sangat berguna bagi dirinya di masa depan.

2. Jauh dari kata boros

Menabung sejak dini juga bisa membuat seseorang terhindar dari kebiasaan boros, lho! Mereka akan lebih menghargai uang yang mereka miliki serta mengalokasikannya pada hal-hal penting saja dalam takaran yang pas. Misalnya, ketika lapar melanda, maka uang yang dimiliki akan segera dialokasi ke makanan dan mengabaikan hal-hal kurang penting lainnya seperti mainan.

Baca Juga :  Smartfren Rilis Varian Baru Kartu Perdana 1ON+ dengan Bonus Kuota Melimpah

3. Lebih menghargai uang

Ketika seseorang menabung, akan sangat sayang rasanya jika menghambur-hamburkannya dalam sekejap. Terbayang bagaimana rasanya mengumpulkannya sedikit demi sedikit setiap harinya. Oleh karena itu, akan baik kiranya jika seorang anak diajarkan menabung sejak dini karena dapat lebih menghargai uang mereka di masa depan, terutama ketika sudah bekerja.

4. Sabar

Menabung sampai mencapai jumlah yang diinginkan tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Aktivitas tersebut dilakukan dari hari ke hari dengan sabar. Satu rupiah, dua rupiah, disisihkan setiap hari demi memiliki tabungan yang banyak.

Jika seseorang diajarkan menabung sejak dini, maka keterampilannya untuk sabar akan semakin terasah. Ia akan tumbuh menjadi orang yang menghargai proses, mempercayai bahwa untuk mencapai segala sesuatu tidak bisa dilakukan secara instan dan harus selalu bersabar.

5. Pandai mengatur keuangan

Anak yang sudah diajarkan menabung sejak dini tentu akan tumbuh menjadi orang yang pandai mengatur keuangannya sendiri. Mereka tahu bagaimana caranya menyeimbangkan antara pemasukan dengan pengeluaran yang dibutuhkan. Tidak ada istilah rugi, defisit atau tidak untung dalam hidupnya karena semua hal yang berkaitan dengan keuangan telah dirancang semaksimal mungkin. Selain itu, dapat dipastikan bahwa mereka juga mampu terhindar dari hutang.

6. Hidupnya lebih tertata

menabung sejak dini
Ilustrasi mengajari anak menabung sedini mungkin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*