10 Cara Menghemat Uang Saku Ala Mahasiswa

Cara Menghemat Uang Saku
Menghemat Pengeluaran Ala Mahasiswa
cara menghemat uang
Cara menghemat uang saku (ilustrasi)

 

DIARY.CO.ID – Mahasiswa memang identik dengan gaya hidup boros. Banyak ragam pengeluaran tiap bulannya mulai dari makan siang di luar, delivery order, nongkrong dengan rekan-rekan sejawat, print dan fotocopy tugas kuliah. Semua pengeluaran tersebut tentu tidak bisa dibilang sedikit karena selalu terjadi setiap hari sampai tiba waktunya untuk wisuda.

Eits, tapi walaupun susah, belum tentu tidak bisa diakali untuk hemat, kok. Berikut ini diary.co.id akan menghadirkan 10 trik hemat untuk para mahasiswa.

10 Cara Menghemat Uang Saku Ala Mahasiswa Yang Harus Anda Tiru

1. Masak sendiri

Faktor utama yang paling menguras kantong mahasiswa adalah makanan. Makanan yang ada di sekitar kampus biasanya memang sangat menggoda. Kentang goreng, ayam geprek, nasi goreng, mi goreng, dan makanan-makanan cepat saji lainnya.

Oleh karena itu, jika bertekat untuk menabung atau hidup hemat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah masak sendiri. Anda bisa pergi ke pasar, stok bahan-bahan makanan dan berkreasi sekreatif mungkin lewat tutorial memasak di internet atau Youtube.

Dibandingkan membeli makanan cepat saji, aktivitas ini memang membutuhkan niat dan tenaga ekstra. Tapi, repot sedikit lebih baik daripada menghambur-hamburkan uang bukan?

2. Membawa bekal

Meski sudah kuliah, tidak ada salahnya jika mencoba membawa bekal ke kampus. Membawa bekal ke kampus tidak terbatas pada rantang-rantang besar atau bekal makan siswa SD saja, tetapi juga air minum botol dan roti yang bisa dengan mudah Anda bawa.

Baca Juga :  7 Kondisi yang Sebabkan Hubungan Tanpa Komunikasi

Membawa bekal memang menjadi solusi hemat sejak dulu. Uang Anda bisa selalu aman dan dialihkan ke hal-hal yang lebih penting. Meski begitu, hal ini tidak akan berdampak apa-apa jika tidak dilakukan secara rutin. Harus dilakukan dengan telaten dan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil tabungan yang Anda inginkan.

3. Membeli kopi sachet

Tren minum kopi saat ini semakin menjamur. Tidak jarang kedai-kedai kopi saat ini dipenuhi para mahasiswa yang mengisi asupan kafeinnya sembari nongkrong. Tetapi sayangnya, kebiasaan tersebut justru membuat keungan mahasiswa semakin memburuk. Sebab, untuk ukuran kedai kopi standar internasional, per gelasnya dipatok harga lebih dari 40 ribu rupiah.

Meski terlihat kecil, coba kalikan dengan sebulan yang akan memperoleh angka 1,2 juta rupiah. Angka ini tentu fantastis jika hanya dialokasikan untuk segelas kopi.

Guna menyiasati hal tersebut, tips bisa Anda coba lakukan adalah membeli kopi sachet di supermarket terdekat dan menyeduhnya di rumah. Selain rasanya yang tidak kalah enak, varian kopi sachet yang ada saat ini pun sudah semakin beragam. Walaupun hemat, masih bisa tetap hemat kok…

4. Print sendiri

Menjadi mahasiswa tentu tidak bisa dipisahkan dari persoalan tugas, paper, dan makalah. Agar tugas Anda selesai dan tetap hemat, Anda bisa mencetak atau print sendiri di rumah. Hanya bermodalkan printer, tinta dan kertas, Anda bebas ngeprint berkali-kali tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam seperti di tempat rental.

Baca Juga :  Mau Setia? Tak Lagi Susah dengan 7 Tips Ini!

Mengeprint tugas sendiri juga membuat Anda lebih awas dengan tugas yang dibuat. Jika ada yang salah, bisa langsung diprint ulang, bebas dari terburu-buru, bolak-balik atau hal-hal kurang efisien lainnya.

Memang sih, harus punya printer sendiri, tapi jika Anda jeli menghitung-hitung, biaya yang dikeluarkan justru lebih murah, karena bisa dipakai berulang kali.

5. Berpuasa

Mungkin agak terdengar ekstrem, tapi benar-benar jitu untuk dilakukan. Jika kegiatan Anda di kampus sedang tidak terlalu banyak, cobalah sekali-kali untuk berpuasa sunah senin-kamis. Selain membuat tubuh Anda sehat, berpuasa juga dapat membuat jiwa dan kantong Anda selamat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*