5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja Jadikan Kamu Mahasiswa Hebat

kuliah sambil kerja
Manfaat Kuliah Sambil Kerja (Ilustrasi)
manfaat Kuliah sambil kerja
5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja Tingkatkan Skill Hebat

Pernah dengar kuliah sambil kerja? Memang masa-masa kuliah penuh dengan warna dan tantangan. Banyak hal yang harus dilakukan secara mandiri yang sama sekali berbeda dari masa SMA. Mulai dari mengerjakan beragam tugas yang tidak berujung, menunggu dosen tak jemu-jemu sampai jatuh bangun menggarap skripsi.

Di tengah letihnya tuntutan kuliah tersebut, ternyata banyak yang menambah keletihannya dengan bekerja paruh waktu. Ada yang menjadi penulis lepas, tutor di lembaga bimbel, mc di acara pernikahan dan lain-lain. Lalu, sebenarnya apa ya yang membuat mereka tahan menanggung rintangan itu semua? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja Jadikan Kamu Mahasiswa Hebat

Baca Juga : Mahasiswa Baru Merapat, Ini 5 Persiapan Mental Anti Gagal di Tahun Pertama Kuliah

1. Menambah pemasukan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kuliah adalah aktivitas yang menghabiskan banyak biaya. Setiap aspeknya mengharuskan mahasiswa untuk selalu membayar. Kondisi inilah yang akhirnya membuat sebagian mahasiswa memutuskan untuk menambah pemasukan mereka. Sebab, di usia yang sudah tidak lagi anak-anak begini, merengek meminta uang ke orang tua bukan pilihan yang pas untuk dilakukan.

Selain untuk keperluan kuliah, uang yang didapatkan mahasiswa dari pekerjaan paruh waktunya tentu saja digunakan untuk menambah uang jajan. Dengan uang tersebut, mereka bisa membeli barang-barang dan jajanan yang mereka inginkan tanpa malu meminta pada orang tua. Mulai dari alat make up, skin care, makanan, tas, sepatu dan lain sebagainya, bebas dibeli sesuai kebutuhan. Tertarik mau kuliah sambil kerja?

Baca Juga :  Mahasiswa Baru Merapat, Ini 5 Persiapan Mental Anti Gagal di Tahun Pertama Kuliah
kuliah sambil kerja
Manfaat Kuliah Sambil Kerja (Ilustrasi)

2. Mencari pengalaman

Kuliah sambil bekerja adalah cara paling tepat untuk mendapatkan segudang pengalaman dan pengetahuan. Mahasiswa akan lebih familiar dengan dunia kerja sedini mungkin, beradaptasi hingga akhirnya membuat mereka selangkah lebih siap dibandingkan mahasiswa yang hanya fokus belajar.

Pengalaman berharga tersebut secara tidak langsung membentuk mahasiswa yang menekuninya dengan banyak hal positif. Mulai dari mental tahan banting, siap kerja, menghargai dunia kerja sebagai tempat belajar, sampai link-link yang amat berguna di kemudian hari. Ingatlah, manfaatnya akan sangat terasa saat kalian telah menjadi sarjana!

Baca Juga : Ini Lho 7 Dampak Positif Menabung Sejak Dini, Hidup Jadi Aman Terkendali

3. Mengisi waktu luang

Di sela-sela kuliah, biasanya banyak waktu luang yang terbuang sia-sia dengan dalih istirahat. Hal ini dimanfaatkan oleh mahasiswa luar biasa dengan bekerja. Selain menambah produktivitas, kegiatan tersebut dapat memberi mereka manfaat-manfaat di atas tanpa perlu mengganggu rutinitas kuliah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*