Pimpin Upacara Peringatan HKN Ke-116 Tahun 202, Danrem 043/Gatam Bacakan Amanat Menteri Kominfo

Lampung – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., memimpin upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 tahun 2024, bertempat di lapangan Korpri Komplek Perkantoran Gubernur Lampung Jl. Wolter Monginsidi Teluk Betung Bandar Lampung. Senin (20/5/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., menyampaikan lebih dari seabad yang lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Van Deventer, seorang tokoh politik etis Belanda menyatakan: “Sesuatu yang ajaib sedang terjadi, Insulinde molek yang sedang tidur, sudah terbangun”, Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan.“

“Sebelum Boedi Oetomo, adalah Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia,“ ungkapnya.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Dan Pengumpulan Data Staf Ahli Panglima TNI, Danrem 043/Gatam Siap Bantu Berikan Informasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*