Gubernur Arinal Silaturahmi dengan Ikabes Sriwijaya

Dok
Dok

KALIMANTAN TIMUR–Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, bersama Gubernur Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi, menghadiri silaturahmi Ikatan Keluarga Besar (Ikabes) Sriwijaya di Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

Kunjungan Gubernur Arinal, bahkan seluruh Gubernur se-Indonesia ke Kalimantan tersebut dalam rangka mengikuti Kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI Ke Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal, mengatakan, Provinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung memiliki akar budaya bahasa, modal sejarah dan warisan sejarah yang sama, yaitu dengan adanya kerajaan Sriwijaya yang membentang di lima wilayah Sumbagsel.

Kesamaan budaya ini menjadikan masyarakat di wilayah Sumbagsel memiliki kekerabatan dan persaudaraan yang begitu erat, dengan diadakannya Silaturahmi ini dalam rangka memperkuat tali persaudaraan sesama perantau dari Sumbagsel serta menjadi wadah berkoordinasi dan sinergi bagi IKABES di Kalimantan Timur.

Berdasarkan data yang saya terima, kata Gubernur, jumlah warga masyarakat asal Sumbagsel di Kalimantan Timur cukup besar mencapai +25.000 orang, meliputi Sumsel  12.000 orang, Lampung 6.000 orang, Bengkulu 4.000 orang, Jambi 2.000 orang, dan Babel 1.000 orang.

“Apabila dibekali dengan baik, jumlah perantau yang cukup besar itu akan sangat potensial sebagai modal dalam membangun daerah, baik di Kalimantan Timur maupun di Sumatera Bagian Selatan,” kata dia.

Baca Juga :  GELISAH, Pemuda Karang Taruna Desa Sungai Badak Punguti Sampah di Pinggiran Sungai Mesuji

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*