Manfaatkan Dana Desa Pemdes Wiralaga 2 Sulap Hutan Jadi Kolam Budidaya Ikan Untuk Masyarakat

Dok
DIARY.CO.ID, MESUJI – Dengan memanfaatkan Dana Desa (DD)  anggaran tahun 2022, Pemerintah Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, menyulap hutan menjadi lahan bangunan kolam budidaya perikanan untuk kelompok masyarakat.
Total ada 26 kolam yang dibangun dalam pelaksanaan ketentuan Program Ketahanan Pangan dan Hewani yang bersumber dari 20 persen DD Desa Wiralaga II.
Demikian diungkap Kepala Desa Wiralaga II, Andresco di saksikan Camat Mesuji, Amat Rofi’i saat menebar sebanyak 35.000 benih ikan di kolam yang baru dibangun tersebut.
Menurut Andresco, Program Ketahanan Pangan dan Hewani merupakan salah satu program yang diwajibkan oleh pemerintah pusat untuk dilaksanakan setiap desa alokasinya minimal 20 persen dari total pagu anggaran.
Tujuannya selain menguatkan ketahanan pangan masyarat desa juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa itu sendiri.
“Adapun pagu DD tahun 2022 desa kami sekitar Rp 1,2 Milyar. Nah sekitar Rp 240 Juta dana DD dialokasikan untuk pembangunan kolam, berikut bibit dan pakan hingga panen yang masuk program ketahanan pangan ini,” ujar Andresco. .
Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam kegiatan ini, pemerintah desa hanya menyiapkan pembangunan kolam, pemberian benih dan pakan untuk sekali panen.
Selanjutnya pengelolaan diserahkan kepada dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Wira Agung dan Pokdakan Wira Sejahtera dan mereka juga selaku masyarakat pemberi hibah tanah untuk lokasi pembangunan kolam.
“Untuk pengelolaan ada dua kelompok yang menangani. Pemerintah desa hanya menyokong pembangunan awal, hingga panen pertama. Untuk selanjutnya mereka dituntut mandiri dan mampu mengembangkan usaha budidaya ikan konsumsi tersebut. Untuk itu kita berharap program tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya dan berkembang menjadi lebih besar kedepannya sehingga mampu menjadi nilai tambah penghasilan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.
Penulis : Ishar/C_R
Baca Juga :  Menteri Perdagangan RI Kunjungi Pasar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*