Peringati Hari HAM Sedunia, Peneliti Muda Nuri : Pembangunan Ekonomi Harus Berlandaskan HAM

NURI : Pembangunan Ekonomi Harus Berlandaskan HAM Jumat, 10 Desember 2021

THE INDONESIAN INSTITUTE, CENTER FOR PUBLIC POLICY RESEARCH

NURI : Pembangunan Ekonomi Harus Berlandaskan HAM Jumat, 10 Desember 2021

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia kembali diperingati setiap tanggal 10 Desember. Namun, pembangunan ekonomi yang terjadi di Indonesia belum berdasarkan HAM. Pasalnya, banyak pembangunan yang dilakukan, namun tidak dibarengi dengan pemenuhan hak-hak masyarakat. Kesejahteraan yang menjadi tujuan pemerataan inftrastruktur nyatanya belum dirasakan pada sebagian penduduk Indonesia.

Nuri Resti Chayyani, Peneliti Bidang Ekonomi The Indonesian Institute, mengatakan bahwa pembangunan ekonomi Indonesia masih terkungkung dalam hal infrastruktur. Salah satu masalah yang masih rentan terjadi adalah masalah hak asasi masyarakat yang dikorbankan akibat perebutan kepemilikan properti hingga konflik yang mengakibatkan kerusakan.

Data Kementerian Keuangan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp417 triliun untuk infrastruktur pada tahun 2021. Pembangunan dan transformasi infrastruktur di Indonesia bertujuan untuk mempercepat pembangunan di seluruh wilayah terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Baca Juga :  Mahasiswa Jadi Enterpreneur, Kenapa tidak?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*