Pemprov Lampung Pastikan Ketersediaan Pangan, Air dan Antisipasi Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan Lampung

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memimpin Rapat Lanjutan Penanggulangan Dampak Kekeringan akibat El Nino, bertempat di Aula Mahan Agung, Selasa (05/09/2023).”Provinsi Lampung sebagai salah satu lumbung pangan, menjamin kebutuhan pangan akan tetap terpenuhi sampai oktober mendatang,” ucap Gubernur.

Gubernur memberikan penekanan bahwa kesiapan ini sangat penting terutama kaitannya dengan
ketersediaan pangan khususnya beras, dimana Provinsi Lampung merupakan penyokong kebutuhan beras bagi daerah lain. Provinsi Lampung pada bulan September masih mampu panen padi seluas 84.728 Ha, bulan Oktober seluas 72.000 Ha dan bulan Nopember seluas 40.000 Ha dan
bulan Desember seluas 137.000 Ha dengan 5 kabupaten produksi panen tertinggi, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang dan Mesuji.

Terkait ketersediaan air, Pemerintah Provinsi Lampung sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan pasokan air bagi lahan pertanian siap tanam dan kebutuhan air bersih masyarakat dalam bentuk penyediaan pompa air permukaan dan penyalurannya menuju lahan pertanian dan masyarakat terdampak.

Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyiapkan sumur bor sebanyak 11 unit, irigasi perpompaan dan embung sebanyak 1 unit di Way Kanan, untuk sumur bor dan jaringan perpompaan dibuat juga di Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Tulang Bawang, Pringsewu, Pesawaran dan Pesisir Barat. Kemudian untuk jaringan perpompaan dibuat di Lampung Barat, Pesisir Barat dan Tanggamus.

Baca Juga :  Mingrum Gumay Minta Pelajar Lamteng Berperan Aktif Cegah Penyalahgunaan Narkotika

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*