Menjadi Mahasiswa yang Menjawab Masalah Ekonomi dengan Berwirausaha

Mahasiswa adalah sebutan ketika seseorang menduduki bangku pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat ilmiah yang dituntut untuk memiliki kemampuan tinggi dalam berbagai bidang. Menjadi mahasiswa harus aktif, kreatif, dan inovatif, terlebih dalam mengatur dan mengatasi berbagai masalah, salah satunya adalah masalah ekonomi.

Mahasiswa harus mulai mengatur dan mengatasi masalah ekonomi karena kehidupan mahasiswa memiliki banyak kebutuhan, menjadikan mahasiswa harus bijak dalam mengolah keuangan. Masalah ekonomi timbul ketika sumber daya terbatas dibandingkan keinginan dan kebutuhan. Salah satu penyebab masalah ekonomi adalah tingginya jumlah pengangguran.

Pengangguran terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara jumlah angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan dan juga dapat disebabkan kurangnya keterampilan para pencari kerja sehingga sulit dalam memenuhi kriteria dunia kerja.

Saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia saat ini sekitar 8,75 juta orang, jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini akan menjadi masalah besar jika tidak ditangani dengan bijak. Upaya penanganan jumlah pengangguran dapat dilakukan dengan berwirausaha.

Dengan adanya pendidikan kewirausahaan, mahasiswa memiliki bekal untuk menjadi lebih terampil sehingga siap dalam menghadapi dunia kerja. Pendidikan kewirausahaan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan nyata sehingga lulusan muda dapat membuka lapangan pekerjaan dan tidak bergantung pada lapangan pekerjaan lainnya.

Banyaknya mahasiswa yang memiliki bekal kewirausahaan dan memberanikan diri untuk membuka usaha, akan mengakibatkan jumlah angkatan kerja dan lapangan kerja dapat terkontrol dengan baik sehingga dapat menurunkan angka pengangguran dan tercapainya ekonomi yang ideal. Pada beberapa mahasiswa juga sudah memulai berwirausaha sejak di perkuliahan atau bahkan jauh sebelum itu.

Baca Juga :  Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga Stabil Ditopang Permodalan yang Kuat dan Likuiditas Memadai

Mahasiswa berwirausaha guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal itu dikarenakan banyak sekali kebutuhan mahasiswa yang mengeluarkan biaya tidak sedikit, seperti biaya semester, biaya indekos, print dan fotokopi tugas. Belum lagi ketika mahasiswa praktikum dan turun lapangan, saat praktikum dan turun lapangan, mahasiswa memerlukan biaya yang cukup banyak karena peralatan dan persiapan juga tidak sedikit. Hal ini membuat mahasiswa harus berpikir kritis bagaimana cara untuk mendapatkan uang tanpa meminta orangtua? Tentunya dengan bekal ilmu kewirausahaan, mahasiswa mampu menjawab permasalahan tersebut.

Mahasiswa banyak membuka bisnis dan menjadi wirausahawan muda, yaitu dengan menjadi re-seller, membuka usaha minuman dan makanan ringan, les privat, jasa pengetikan dan print, souvenir wisuda atau bahkan jasa make up.

Penulis

Nama : Akmal Amirul Faizi

Alamat : Jl. Kerinci II NO. 35 RT/RW. 001/003 Yosorejo Metro Timur

No. Telepon : 082372150909

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*